Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Tahukah Kamu?

Federasi Rusia, Negara Terbesar di Dunia Punya 89 Region

Darmadi Tariah24 May, 2024
Salah satu ikon Kota Moskow, Katedral St Basil (sumber gambar: tangkapan layar)

MAKASSAR, UNHAS TV – Negara Federasi Rusia, atau yang lebih dikenal dengan nama Rusia, adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Timur dan Asia Utara. Negara ini merupakan federasi semi-presidensial dengan sistem republik konstitusional. Rusia adalah negara terluas di dunia, dengan luas wilayah mencapai 17.125.191 kilometer persegi.

Ibu kota Rusia adalah Moskow, dan negara ini memiliki 11 zona waktu, dari UTC+2 hingga UTC+12. Rusia memiliki keanekaragaman etnis dengan populasi yang mayoritas adalah etnis Rusia, namun juga terdapat banyak kelompok etnis lain seperti Tatar, Bashkir, dan Chechnya.

Dalam hal pemerintahan, Rusia dipimpin oleh seorang Presiden dan Perdana Menteri. Majelis Federal Rusia, yang merupakan lembaga legislatif, terdiri dari dua kamar: Majelis Tinggi (Sovet Federatsii) dan Majelis Rendah (Gosudarstvennaya Duma).

Ekonomi Rusia adalah salah satu yang terbesar di dunia, dengan PDB (KKB) pada tahun 2022 mencapai $4,65 triliun dan PDB nominal sebesar $2,133 triliun1. Mata uang yang digunakan adalah Rubel Rusia (RUB).

Rusia juga memiliki sejarah panjang dan kompleks, mulai dari zaman Dinasti Rurik, Rus’ Kiev, Keharyapatihan Moskow, Ketsaran Rusia, hingga pembentukan Uni Soviet dan akhirnya menjadi Federasi Rusia seperti sekarang ini.

Keunikan Wilayah-wilayah dalam Federasi Rusia

Sebagai negara terbesar di dunia, wilayah Rusia membentang dari timur di Selat Bering, hingga Kaliningard di Laut Baltik, Eropa. Pembagian wilayah di dalam Federasi Rusia tergolong unik. Wilayah-wilayah ini disebut subjek federal.

Federasi Rusia terdiri dari 89 subjek federal yang terbagi atas enam tipe wilayah. Keenam tipe wilayah ini adalah republik, oblast, krai, kota federal, okrug otonom, dan oblast otonom. Masing-masing tipe wilayah memiliki karakteristik dan tingkat otonomi yang berbeda.

BACA SELANJUTNYA

1 2 3 4