Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

Helikopter Bawa Presiden Iran Ebrahim Raisi Kecelakaan

Darmadi Tariah20 May, 2024
Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raeisi (sumber gambar: tangkapan layar)

TEHRAN, UNHAS TV – Kantor Berita IRNA melaporkan bahwa helikopter yang membawa Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raisi jatuh/mendarat darurat di “Hutan Dizmar” di area antara Varzeghan dan Jolfa di Provinsi Azerbaijan Timur (19/05/2024).

Kondisi darurat ini diperkirakan terjadi akibat cuaca buruk yang melanda Provinsi Azerbaijan Timur, Iran. Kabut di kawasan tersebut sangat tebal dan jarak pandang horizontal kurang dari 5 meter.

Reporter IRNA melaporkan merdasarkan kesaksian warga desa sekitar, helikopter yang membawa presiden dan pejabat senior mengalami kecelakaan di kawasan Hutan Dizmar antara Desa Uzi dan Pir Dawood, Provinsi Azerbaijan Timur. Warga mengatakan mendengar suara-suara di daerah tersebut satu jam yang lalu.

Kondisi cuaca buruk menyulitkan pencarian (sumber gambar: tangkapan layar)

Sekitar satu jam setelah kecelakaan, tim penyelamat tiba di lokasi yang diumumkan dan pencarian telah dimulai.

Lebih dari 20 tim penyelamat dengan peralatan lengkap, termasuk drone dan anjing pelacak, telah dikirim ke daerah tersebut. Kelompok penjaga hutan dan pasukan khusus angkatan bersenjata juga hadir untuk membantu operasi pencarian.

Sampai berita ini diturunkan, dilaporkan bahwa pencarian melalui udara tidak mungkin dilanjutkan karena terhalang kondisi cuaca buruk. Reporter IRNA melaporkan bahwa selain kabut tebal dan cuaca buruk, kini di lokasi mulai turun hujan yang semakin menyulitkan pencarian.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Sayyid Ali Khamenei (sumber gambar: tangkapan layar)

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei, mengadakan pertemuan darurat dengan Dewan Keamanan Nasional.

“Kami masih berharap, namun informasi yang datang dari lokasi jatuhnya helikopter sangat mengkhawatirkan” kata seorang pejabat Iran kepada Reuters.

Dilaporkan ada tiga orang penting lainnya yang ikut dalam penerbangan helikopter tersebut, yaitu Menteri Luara Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahiyan; Gubernur Azerbaijan Timur, Malik Rahmati; dan Imam Mesjid Tabriz, Ayatullah Al-Hashemi.[]