Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

Mahasiswa di Kampus Jerome Polin Demonstrasi Dukung Palestina

Darmadi Tariah02 May, 2024
Sho Toda, mahasiswa Universitas Waseda memimpin demonstrasi di depan patung Shigenobu Okuma (sumber gambar: tangkapan layar)

TOKYO, UNHAS TV – Universitas Waseda, salah satu universitas terbesar di Jepang cukup terkenal di Indonesia. Populernya universitas ini di kalangan masyarakat umum karena Jerome Polin, Youtuber terkenal Indonesia pernah kuliah di sini.

Jerome Polin bersama teman-teman kampusnya bahkan membentuk perkumpulan bernama Waseda Boys. Aktivitas Waseda Boys adalah membuat konten Youtube, mempromosikan kebudayaan Indonesia dan Jepang.

Baik Jerome, dan Waseda Boys kerap kali malakukan kolaborasi produksi konten dengan Youtuber terkenal lainnya di Indonesia maupun di Jepang.

Dari konten video Jerome Polin dan Waseda Boys diketahui jika berkuliah di kampus ini pasti akan sangat sibuk belajar dan bergiat akademik lainnya.

Di sela kesibukan mahasiswa Universitas Waseda, sebagian dari mereka ada juga yang menaruh perhatian pada isu Palestina. Mereka meneriakkan tuntutan yang sama dengan rekannya di Amerika dan Eropa, kemerdekaan Palestina dan penghentian kejahatan perang di Gaza.

Demonstrasi yang melibatkan puluhan mahasiswa ini menjadi salah satu penanda gerakan mahasiswa global menuntut kemerdekaan Palestina dan penghentian genosida Gaza telah mencapai Asia Timur.

Sho Toda, mahasiswa tahun keempat Universitas Waseda mengajak teman-temannya untuk bangkit dan menghentikan genosida di Gaza. Para mahasiswa menjawab dengan meneriakkan “Bebaskan Palestina!”

Mahasiswa Waseda berdemonstrasi dukung Palestina di tengah guyuran hujan (sumber gambar: tangkapan layar)

Aksi mahasiswa Universitas Waseda ini berlangsung di tengah-tengah kampus, di depan patung Shigenobu Okuma, Pendiri Universitas Waseda. Mereka membawa bendera Palestina dan mendengarkan orasi di tengah guyuran hujan. Sambil memegang payung, sekali-kali mereka berteriak “Dari Sungai hingga laut, Palestina akan Merdeka.”

Toda yang mengenakan kaffiyeh di lehernya berorasi menyerukan kepada teman-temannya untuk bangkit membuat sejarah bersama. Sejarah yang dimaksud Toda adalah terpenuhinya tuntutan gerakan mahasiswa global atas Palestina.

Demonstrasi mahasiswa Universitas Waseda ini sekaligus adalah jawaban seruan dari mahasiswa Universitas Columbia di Amerika Serikat. Mahasiswa Waseda meneriakkan jika mereka tidak akan berpaling dari perjuangan rekan-rekannya di seluruh dunia. []