Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Saintek

Perbedaan Metode Penelitian dan Desain Penelitian

Darmadi Tariah24 May, 2024
ilustrasi proses penelitian (sumber foto: freepik)

MAKASSAR, UNHAS TV – Tahukah kamu? Apa perbedaan antara metode penelitian dengan desain penelitian?

Perbedaan antara metode penelitian dan desain penelitian terletak pada fokus dan pengaplikasian mereka dalam proses penelitian.

Metode penelitian adalah teknik atau cara yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan informasi. Metode penelitian bisa berupa wawancara, survei, observasi, eksperimen, dan lain-lain.

Metode ini memberikan kerangka kerja umum yang membantu peneliti dalam mengumpulkan data yang diperlukan untuk studi mereka. Metode penelitian dibagi menjadi dua kategori utama: kualitatif dan kuantitatif.

Metode kualitatif fokus pada pengumpulan data yang mendalam dan deskriptif, sementara metode kuantitatif mengumpulkan data yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik.

Sedangkan desain penelitian adalah cetak biru atau rencana rinci tentang bagaimana penelitian akan dilakukan menggunakan metode yang dipilih.

Desain penelitian menjelaskan langkah-langkah spesifik yang harus diambil selama penelitian, termasuk metodologi, pengumpulan dan penugasan sampel, serta pengumpulan dan analisis data.

Desain penelitian membantu peneliti untuk mengatur dan mengimplementasikan metode penelitian secara efektif untuk mencapai tujuan penelitian.

Singkatnya, metode penelitian adalah tentang “bagaimana” data dikumpulkan, sedangkan desain penelitian adalah tentang “bagaimana” proyek penelitian secara keseluruhan dirancang dan dijalankan.

Desain penelitian memastikan bahwa metode penelitian diterapkan dengan cara yang memungkinkan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian secara akurat dan valid.

*diolah dari berbagai sumber