Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

Pernyataan Sikap Mahasiswa Universitas Hasanuddin Peduli Palestina

Darmadi Tariah08 May, 2024
Suasana pembacaan pernyataan sikap dan tuntutan Mahasiswa Unhas Peduli Palestina (sumber: istimewa)

MAKASSAR, UNHAS TV – Mahasiswa Unhas Peduli Palestina memberikan pernyataan sikap dan tuntutan penghentian kejahatan perang yang terjadi di Palestina (8/5/2024). Gerakan ini adalah gabungan dari berbagai Lembaga dan Unit Kegiatan Mahasiswa mewakili segenap mahasiswa Unhas.

Pembacaan pernyataan sikap dan tuntutan ini berlangsung di teras Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Kampus Unhas Tamalanrea. Berbagai perwakilan kelompok mahasiswa sambung-menyambung membacakan tuntutan mereka.

Berikut salinan dari pernyataan sikap dan tuntutan Mahasiswa Unhas Peduli Palestina:

“Pernyataan Sikap/Tuntutan

Konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel telah menyebabkan penderitaan yang tak terkira bagi rakyat Palestina. Tindakan-tindakan sepihak dan melanggar hukum internasional yang dilakukan Israel harus dihadapi dengan sikap tegas dari seluruh negara yang mencintai perdamaian. Kami, sebagai perwakilan dari mahasiswa Universitas Hasanuddin, dengan ini menyatakan:

1. Mengecam keras tindakan agresi dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina, seperti:

  • Pendudukan ilegal atas wilayah Palestina
  • Pembangunan pemukiman ilegal
  • Pengusiran paksa warga Palestina
  • Serangan militer yang menewaskan warga sipil tidak berdosa

2. Mendesak lsrael untuk:

  • Segera mengakhiri genosida
  • Menghormati kedaulatan Palestina
  • Memenuhi resolusi PBB terkalt solusi dua negara

3. Menyerukan sanksi tegas dari komunitas global terhadap sikap keras kepala dan arogansi lsrael yang mengabaikan kecaman internasional, seperti:

  • Memboikot hubungan politik, ekonomi dan militer dengan lsrael, hingga mereka menghentikan semua tindakan ilegal, dan mendukung terciptanya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

4. Menegaskan bahwa masa depan damai di Timur Tengah hanya dapat diwujudkan jika hak-hak rakyat Palestina atas:

  • Kehidupan
  • Kemerdekaan
  • Kedaulatan wilayah

5. Menyerukan penyelesaian perang dan proses damai yang berdasar pada penghormatan hak asasi manusia dan pencegahan kerusakan yang meluas.”

Amos Shifriet, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa Unhas Model United Nations Community memberikan keterangan ke awak media (sumber: istimewa)

Di kesempatan ini, Mahasiswa Unhas Peduli Palestina juga mengumumkan telah mengumpulkan dana donasi untuk Palestina sebesar Rp. 80.256.430,- yang disalurkan melalui PMI dan WIZ.

Mereka juga mengumumkan kembali membuka pintu donasi bagi siapapun yang ingin menyumbang dana untuk warga Palestina. Bantuan dapat ditransfer ke nomor rekening 7138275501, atas nama UKM LDK MPM UNHAS dengan menambahkan kode unik (004), misalnya Rp 10.004.