Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

Reaksi Dunia terhadap Insiden Helikopter Presiden Iran

Darmadi Tariah20 May, 2024
Presiden Republik ISlam Iran, Sayyid Ebrahim Raisi (sumber gambar: tangkapan layar)

TEHRAN, UNHAS TV – Kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Republik Islam Iran, Ebrahim Raisi bersama beberapa pejabat tinggi nagara tersebut mengundang berbagai reaksi dari seluruh dunia.

Media-media Israel memberitakan jika Israel tidak ada hubungannya dengan insiden kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran.

Sementara itu dilaporkan dari berbagai sumber, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengadakan rapat darurat. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan mengikuti dengan seksama laporan mengenai kemungkinan pendaratan darurat sebuah helikopter di Iran yang membawa Presiden dan Menteri Luar Negeri Iran.

Kantor Berita IRNA melaporkan pernyataan dukungan dari Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev dua jam setelah dimulainya pencarian ke lokasi kecelakan. “Sebagai tetangga, teman, dan negara persaudaraan, Republik Azerbaijan siap untuk menawarkan bantuan apa pun yang dibutuhkan” kata Ilham Aliyev dikutip dari IRNA.

Dukungan juga datang dari negara tetangga Iran lainnya, Armenia. IRNA melaporkan pernyataan Kementerian Luar Negeri Armenia bahwa negara itu, sebagai tetangga dekat dan bersahabat dengan Iran, siap memberikan semua dukungan yang diperlukan.

Tidak ketiggalan, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga memberikan dukungan. “Sebagai Republik Turki, kami mengikuti insiden ini dengan seksama, dalam kontak dan koordinasi penuh dengan pihak berwenang Iran, dan kami siap memberikan dukungan yang diperlukan,” kata Erdogan dikutip dari Fars News.

Berdasarkan laporan reporter lapangan IRNA, drone Turki berhasil menemukan lokasi titik panas yang dicurigai sebagai puing helikopter yang jatuh.

BACA JUGA: Rusia Kirim Tim Pencarian Helikopter Presiden Iran

IRNA melaporkan dari Moscow bahwa Presiden Putin beserta jajarannya menemui Duta Besar Iran untuk Rusia dan memberikan dukungan penuh. “Rusia siap untuk memberikan semua bantuan yang diperlukan dalam pencarian helikopter yang hilang dan penyelidikan penyebab insiden tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dikutip dari IRNA.

Kerajaan Arab Saudi turut menyampaikan dukungannya. Seperti dilansir Al Jazeera, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan negara itu mendukung Republik Islam Iran dalam situasi yang sulit ini dan siap memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan oleh badan-badan Iran.

Beberapa jam sebelumnya, IRNA melaporkan jika Perdana Menteri Irak, Mohammed Shia’ Al Sudani telah memerintahkan tim darurat dikirim ke Iran untuk membantu pencarian dan evakuasi. []