Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

4.225 Mahasiswa Unhas Berangkat KKN, Prof JJ: Bantu Pemda Bangun Daerah

Arif Usman03 Jul, 2024
LEPAS KKN. Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa melepas 4.225 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Gelombang 112 Tahun 2024 di Gedung Baruga A.P Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (2/7/2024). (dok humas unhas)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Universitas Hasanuddin (Unhas) melepas 4.225 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Gelombang 112 Tahun 2024.

Dikutip dari Humas Unhas, pelepasan mahasiswa peserta KKN dilangsungkan di Gedung Baruga A.P Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Selasa (2/7/2024) mulai pukul 09.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan, Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, Sahriyanti Saad SHut MSi PhD beserta jajaran, perwakilan pimpinan pemerintah daerah terkait, dosen pendamping dan mahasiswa peserta KKN Unhas.

Sahriyanti Saad dalam sambutannya memberikan gambaran tentang pelaksanaan KKN Gelombang 112. Ia menyebutkan kegiatan ini diikuti oleh 4.225 mahasiswa dengan dosen pendamping sebanyak 122 orang.

KKN merupakan bagian dari mata kuliah berbasis pengabdian kepada masyarakat. Sahriyanti menambahkan secara berkelanjutan Unhas terus melakukan inovasi untuk mendukung peran dan keterlibatan mahasiswa melalui kegiatan KKN.

“Terima kasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan, pelaksanaan KKN tidak akan berlangsung tanpa dukungan dari berbagai pihak,” kata Sahriyanti.

“Kami mengharapkan, kegiatan ini bisa menjadi momentum para mahasiswa mengambil peran dalam penguatan disiplin ilmu, mengambil peran membangun daerah sesuai keilmuan yang dimiliki,” jelas Sahriyanti.

Sementara Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc sebelum melepas secara resmi para peserta KKN mengatakan, pelaksanaan KKN merupakan proses penguatan keilmuan dan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Prof JJ berpesan kepada mahasiswa untuk selalu menjaga nama baik institusi, mengingat pelaksanaan KKN bukan mencakup individu mahasiwa, tetapi membawa nama institusi.

“Unhas terus berupaya hadir ditengah masyarakat salah satunya melalui pelaksanaan KKN. Kalian akan menjadi duta universitas, sehingga bukan hanya nama individu semata yang melekat, tapi menjadi perwakilan Unhas. Untuk itu, karakter Unhas harus melekat dalam diri mahasiswa,” imbuh Prof JJ.

Diakhir sambutan, Prof JJ mengharapkan para mahasiwa yang mengikuti KKN bisa hadir dan membantu masyarakat membangun daerah, melalui proses identifikasi peluang dan bersama sama terlibat dan menjadi bagian dari masyarakat.

Secara umum, pelaksanaan KKN Gelombang 112 diikuti oleh 4.225 mahasisa. Tidak hanya itu, juga terdapat mahasiswa KKN Unhas yang mengikuti program KKN internasional, KKN Kebangsaan Ambon hingga KKN Tematik Sulawesi Barat. (*)