Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Sport

Daftar Pemain Bola Eropa Langganan Timnas, Ronaldo Teratas

Amir PR19 Jun, 2024
TIMNAS - Pepe dan Cristiano Ronaldo, pemain paling senior di Timnas Portugal. (foto: X @InvictosSomos)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Portugal berhasil mengatasi perlawanan Republik Ceko dengan hasil akhir 2-1 pada pertemuan perdana mereka di Grup F UEFA Euro 2024, Rabu (19/6/2024) dini hari.

Dua gol Portugal bermunculan setelah Provod dari Ceko mencetak gol lebih awal pada menit 62.

Adapun gol Portugal diciptakan dari gol bunuh diri Hranac (69) dan Francisco Conceicao pada menit 90+2.

Menurut catatan UEFA, dari pertandingan itu, Ronaldo berhasil menambah jumlah pertandingan internasional (caps) yang melibatkan dirinya di dalam tim nasional menjadi 208 kali pertandingan.

Catatan ini juga sekaligus menempatkan mantan pemain klub Real Madrid dan Manchester United itu sebagai pemain Eropa yang paling sering tampil bersama tim nasional di pertandingan internasional.

Berikut ini daftar pemain Eropa dengan jumlah pertandingan internasional (caps) terbanyak selama membela negaranya.

Beberapa di antaranya masih akan menambah capaiannya karena masih aktif bermain, selebihnya sudah memilih pensiun dari timnas.

208: Cristino Ronaldo (Portugal)
Pertandingan melawan Republik Ceko adalah pertandingan ke-208 yang dijalankan oleh Ronaldo.

Adapun penampilan ke-207 saat membela Portugal melawan Republik Irlandia pada 11 Juni 2024. Saat itu, Ronaldo juga berhasil menambah catatan golnya menjadi 129 dan 130 gol.

180: Sergio Ramos (Spanyol)
Ramos berhasil menyamai capaian Gianluigi Buffon dengan 176 caps saat membela Spanyol di pertandingan UEFA Nations League di Swiss, 14 November 2020.

Ramos adalah pemain Eropa termuda yng mencapai 100 caps, yang diraih saat masih berusia 26 tahun pada Maret 2013.

Ramos sudah mengoleksi dua gelar UEFA European Championship dan satu tropi Piala Dunia, Dia pensiun dari dunia sepakbola pada Februari 2023 dan tidak lagi membela Timnas Spanyol sejak Maret 2021.

176: Gianluigi Buffon (Italia)
Buffon adalah kiper langganan Timnas Spanyol dan berhasil membawa Italia sebagai juara Piala Dunia 2006. Ia terakhir membela Timnas Itallia pada Maret 2018 pada pertandingan persahabatan melawan Argentina.

Ia berhasil melampuai capaian rekan senegaranya Dino Zoff dengan 112 cap pada tahun 2011. “Sejak debut bersmaa Italia pada 1997 lalu hingga ke posisi ini, ini seperti mimpi,” katanya.

176: Luka Modric (Kroasia)
Modric adalah pemain yang paling sering membela Kroasia. Ia bahkan pernah membawa Kroasia melaju ke babak final Piala Dunia 2018 melawan Perancis meski kemudian negaranya takluk oleh Perancis pada pertandingan 15 Juli 2018.

Ia masih aktif membela negaranya dan beum tahu kapan ia akan pensiun. “Saya tidak tahu, sayangku. Kamu hanya perlu bersabar sedikit lagi,”jawabnya saat ditanya oleh istrinya kapan Modirc akan pensiun.

167: Iker Casillas (Spanyol)
Iker Casillas pernah tercatat sebagai kiper pujaan pencinta klub Real Madrid. Ia punya tujuh prinsip saat membela Spanyol.

Prinsip itu: tangung jawabm kebanggan, kepuasan, kegembiraa n, rasa hormat kepada yang memberimu amanat, dan melakukan apapun yang terbaik untuk pendukung Spanyol.

Seperti halnya Sergio Ramos, Iker Casillas memenangkan dua tropi Euro dan satu tropi Piala Dunia untuk Spanyol.

166: Vitalijs Astafjevs (Latvia)
Gelandang Latvia ini mengaku paling senang bila dipanggil membela negaranya. Salah satu alasannya karena dia mencintai sepakbola dan selalu menemukan keajaiban pada setiap pertandingan.

Astajevs mengakhiri kebersamaannya bersama Timnas Latvia pada pertandingan perpisahan di November 2010 ketika sudah berusia 39 tahun.

158: Konstantin Vassiljev (Estonia)
Konstantin adalah pemain unik karena selain membela Estonia, ia juga pernah terlibat di Timnas Slovenia, Rusia, dan Polandia. Dia pernah mencetak 14 gol liga di musim 2023 dan lebih banyak gol lagi pada tahun 2006 ketika masih jaya-jayanya.

157: Martin Reim (Estonia)
Martin Reim membela Timnas Estonia selama 17 tahun dan menjalani laga perpiasahan pada 2009 ketika masih berusia 38 tahun.

Dia menghabiskan seluruh masa kariernya di sepakbola hanya di satu klub di negaranya. Dia juga sempat melatih Timnas estonia pada rentang 2016 hingga 2019.

154: Jan Vertonghen (Belgia)
Pemain berusia 37 tahun ini adalah mantan bek tengah klub Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur. Saat ini masih membela klub Benfica.

Dia memulai debutnya sebagai pemain senior Timnas Belgia pada Juni 2007 dan bermain 90 menit pada babak kalifikasi UEFA Euro 2008 melawan Portugal.

150: Robert Lewandowski (Polandia)
Penyerang klub Barcelona yang berusia 35 tahun ini mencapai 150 caps ketika mengantar Polandia menang 2-1 melawn Turki pada pertandingan persahabatan sebelum Euro 2024 digelar.

Dia pernah tiga kali tampil di final Euro, mencetakk tiga gol di Euro 2020, dan juga terlibat pada Piala Dunia 2018 dan 2022 saat Polandia berhasil menembus babak 16 besar.

150: Lothar Matthaus (Jerman)
Gelandang Timnas Jerman ini pernah terlibat pada kejuaraan Eropa 1980 dan 10 tahun kemudian mmebawa Jerman sebagai juara Piala Dunia 1990.

Legenda sepakbola Argentina, Diego Maradonna menaruh hormat kepadanya dan memujinya setinggi langit. “Dia dalah lawan terbaik yang pernah saya hadapi,” kata Maradona.

146: Robbie Keane (Republik Irlandia)
Keane menakhiri kariernya di Timnas Irlandia pada Agustus 2016 dan telah mencetak 68 gol selama 18 tahun membela Irlandia.

“Ini telah melampaui semua harapan yang saya miliki sebagai anak penggila sepak bola yang tumbuh di Dublin,” katanya tentang kariernya.

146: Joao Moutinho (Portugal)
Gelandang Portugal ini memulai debut internasionalnya pada timnas senior tahun 2005 ketika masih berusia 18 tahun. Dia masih belum pensiun dari Timnas Portugal meski penampilannya sudah jarang terlihat.