Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

Kecelakaan Kereta Api di India, 8 Tewas, 60 Terluka Parah

Amir PR17 Jun, 2024
TABRAKAN - Tabrakan kereta barang dan kereta penumpang di Bengal Barat, India. (foto: X @nexta_tv)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Tabrakan kereta api di Jalpaiguri Baru, timur India, pada Senin (17/6/2024) pagi, mengakibatkan 8 penumpang tewas seketika dan sekitar 60 orang terluka parah.

Kecelakaan melibatkan kereta barang dan kereta penumpang Kanchenjungha Express. Saksi menyebutkan, tabrakan tersebut berlangsung sangat dramatis sampai-sampai satu gerbong terjungkal ke atas.

Mereka yang tewas yakni masinis kereta, wakil masinis, dan petugas kereta Kanchenjungha Express

Pemimpin Utama Dewan Kereta Api, Jaya Varma Sinha mengatakan upaya evakuasi terus dilakukan. Pihaknya juga menegaskan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut namun untuk saat ini diperkirakan akibat kelalaian manusia.

“Ada kemungkinan masinis kereta barang lalai dengan rambu-rambu seingga menabrak kereta penumpang,” kata Jaya Varma Sinha.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyebut kecelakaan itu sebagai satu kesedihan terbesar dan telah memerintahkan pihak terkait untuk segera melakukan penyelamatan terhadap penumpang.

Narendra Modi juga menjanjikan akan memberikan kompensasi uang sejumlah 200 ribu Rupee untuk setiap korban jiwa dan 50 ribu Rupee untuk setiap penumpang yang terluka.

Pada tahun lalu, tabrakan melibatkan tiga kereta api di timur wilayah Odisha dan mengakibatkan 290 korban jiwa dan lebih dari 1.000 orang terluka.(*)

Amir Pallawa Rukka (Unhas TV)