Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

UGM, Unibraw, dan Unhas Melaju ke Final LCC Plant Protector Festival

Amir PR22 May, 2024
CERMAT - Suasana lomba cerdas cermat pada Plant Protector Festival di Unhas. (foto: Unhas TV)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Tim Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) melaju ke babak final lomba cerdas cermat (LCC) di ajang Plant Protector Festival yang berlangsung di Kampus Unhas, Tamalanrea, Rabu (22/5/2024).

Tiga tim dari universitas berbeda ini melaju ke final setelah unggul di sesi masing-masing. Pada sesi 1, Universitas Brawijaya Malang berhasil unggul atas dua tim dari Unhas: Unhas 1 dan Unhas 2.

Adapun tim UGM unggul atas tim Universitas Puang ri Maggalatung (Unprima) pada LCC sesi 2. Sedangkan tim Unhas 1 berhak ke final secara meyakinkan pada sesi 3 setelah unggul telak atas tim Unhas dan tim Unprima.

Plant Protector Festival 2024 adalah festival yang melibatkan mahasiswa perlindungan tanaman di seluruh Indonesia. Ini adalah kompetisi nasional yang kedua kalinya sejak diadakan di Unhas pada 2023.

Pada tahun ini, National Competition Plant Protector Festival 2024, diadakan oleh Badan Pengurus Harian Himpunan Himpunan Mahasiswa Perlindungan Tanaman
(HMPT) Fakultas Pertanian Unhas.

Pada tahun ini, jumlah peserta festival lebih banyak dibanding tahun lalu. Peserta lomba tidak hanya dari kampus di Provinsi Sulawesi Selatan tetapi juga dari Universitas Brawijaya Malang, Universitas Halu Oleo Kendari, Universitas Puangrimaggalatung Sengkang, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Riau, Universitas Jenderal Sudirman, Universitas Muhammadiyah Sinjai, Universitas Bengkulu, Institut Teknologi Bandung, dan tuan rumah Universitas Hasanuddin.

Ada tiga lomba di festival ini yakni lomba karya tulis ilmiah, lomba cerdas cermat, dan lomba fotografi. Khusus lomba karya tulis ilmiah, diadakan di lantai 4 Fakultas Pertanian Unhas dengan 5 tim peserta lolos seleksi.

Mereka adalah tim 1 Universitas Brawijaya, tim 2 Unhas (mahasiswa program studi agroteknologi), tim 3 Universitas Riau, tim 4 Unhas (gabungan mahasiswa teknik geofisika FMIPA dan agribisnis), dan tim 5 Universitas Halu Uleo Kendari.

Pada lomba fotografi, panitia memilih tim yang berhak masuk 10 besar satu peserta dari Universitas Bengkulu, lima peserta dari Universitas Muhammadyah Sinjai, satu peserta dari Universitas Jendral Sudirman, satu dari ITB, dan dua dari Unhas. Pemenang favorit akan dipilih berdasarkan jumlah terbanyak dari pilihan pengunjung. (amir pr)