Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

Unhas Gelar Sosialisasi Sasaran Mutu dan Opening Meeting Audit Internal ISO 9001:2015

Arif Usman24 Jun, 2024
AUDIT INTERNAL. Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Sosialisasi Sasaran Mutu Unhas Tahun 2024 dan Opening Meeting Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Ruang Rapat Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Senin (24/6/2024). (dok humas unhas)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Sosialisasi Sasaran Mutu Unhas Tahun 2024 dan Opening Meeting Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Ruang Rapat Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, Senin (24/6/2024).

Dikutip dari rilis Humas Unhas, Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Keuangan Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Subehan SSi MPharmSc PhD Apt.

Prof Subehan mengatakan kegiatan ini bagian dari usaha universitas untuk meningkatkan sasaran mutu dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sasaran mutu yang kita tetapkan harus lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. Ini adalah cara kita untuk terus berinovasi dan mencapai terobosan dalam berbagai aspek,” ujarnya.

“Sasaran tersebut diharapkan dapat memacu setiap unit kerja untuk melakukan inovasi dan terobosan dalam mencapai target yang telah ditetapkan,” ujar Prof Subehan.

Mantan Dekan Fakultas Farmasi Unhas itu menekankan pentingnya pelaksanaan audit internal untuk mengukur capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan sasaran mutu Unhas 2024.

Audit internal ini diharapkan dapat memaksimalkan persiapan sebelum dilakukan pelaksanaan audit eksternal yang dijadwalkan pada bulan Juli 2024 mendatang.

“Audit internal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kita berada di jalur yang benar dalam mencapai sasaran mutu yang telah ditetapkan,” tegasnya.

“Ini adalah langkah awal yang penting sebelum kita menjalani audit eksternal, serta bagian dari komitmen kita untuk terus meningkatkan kualitas dan efisiensi di lingkungan universitas,” jelas pakar obat-obatan tradisional itu.

Acara sosialisasi sasaran mutu menghadirkan tiga narasumber utama yaitu Prof Dr Nunuk Hariani Soekamto MS, Prof Dr Jeffry Kusuma PhD, dan Dr Arsyad MSi.

Mereka memaparkan secara rinci sasaran mutu Universitas Hasanuddin untuk tahun 2024, yang meliputi berbagai aspek penting dalam pengembangan kualitas pendidikan dan manajemen institusi.

Audit sasaran mutu internal Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 untuk institusi Unhas berlangsung pada 24-28 Juni 2024.

Prof Nunuk salah seorang narasumber menjelaskan, audit tersebut bertujuan untuk memastikan seluruh proses dan prosedur di Universitas Hasanuddin berjalan sesuai standar internasional yang ditetapkan.

“Serta meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen guna mencapai standar mutu yang lebih tinggi dan berkelanjutan,” ujarnya. (*)