Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

Kedekatan Sarwendah dan Bertrand Pento, Ini Kata Psikolog Unhas

Amir PR24 May, 2024
DEKAT - Sarwendah dan Bertrand Pento. (foto: tangkapan layar)

MAKASSAR, UNHAS.TV Kehidupan pasangan bintang televisi Ruben Onsu dan Sarwendah serta anak angkat mereka, Bertrand Pento, kini jadi perbincangan publik. Pasalnya, kedekatan Sarwendah dan Bertrand Pento (19 tahun) dinilai sudah melewati batas wajar.

Menurut psikolog dari Universitas Hasanuddin, Andi Tenri Pada Rustham SPsi MA MPsi Psikolog, sikap Sarwendah mendidik Bertrand adalah hal wajar layaknya ibu angkat. Namun, ia menilai sebagian bentuk kedekatan di antara keduanya yang terlihat di publik dinilai sudah tidak wajar.

Jadi, ketika Sarwendah sedang siaran langsung, Bertrand tiba-tiba datang dari belakang, merangkul, dan mencium Sarwendah.

“Saya pikir rangkulan dan pelukan dari laki-laki 18 tahun sudah tidak sesuai norma antara anak angkat dan ibunya,” kata Andi Tenri kepada Unhas TV.

Andi Tenri menambahkan, salah satu perkembangan anak yang beranjak dewasa yakni ketertarikan pada lawan jenis. Sarwendah dan Bertrand sebagai orangtua perlu menegaskan batasan wajar dengan anak. Apalagi sebagai sosok publik, apa yang mereka tampilkan di media berpotensi dinilai negatif oleh penggemarnya.

“Ada baiknya Sarwendah dan Ruben perlu berkomunikasi agar kebiasaannya memeluk dan mencium Sarwendah di usia kecil, tidak lagi dilakukan ketika sudah dewasa. Misalnya, Sarwendah bisa bilang, ‘Kamu tidak boleh lagi mencium wajah, yang boleh bagian tangan saja,” kata Andi Tenri.

Ia menegaskan, kedekatan dengan anak kandung ataupun anak angkat yang dewasa adalah hal wajar selama perilaku itu sesuai dengan norma setempat, norma agama, dan nilai-nilai masyarakat,” ujarnya.

Pasangan Sawendah dan Ruben Onsu mengadopsi Bertrand Pento pada 25 Juli 2019 ketika Bertrand masih berusia 14 tahun. Kini Bertrand dalam usia baligh, 19 tahun.

Zulkarnaen dan Taslia Ramadhani (Unhas TV)