Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

Peserta UTBK SNBT Unhas 20.222 Orang, Ini Hukumannya Jika Curang?

Arif Usman25 Apr, 2024
UTBK SNBT 2024. Panitia pelaksanaan UTBK SNBT 2024 Unhas menggelar kegiatan sosialisasi pelaksanaan di Baruga AP Pettarani, Selasa (23/4/2024). (dok humas unhas)

UNHAS.TV – Universitas Hasanuddin akan melangsungkan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024. Jumlah peserta UTBK SNBT sebanyak 20.222 orang.

Sebagai persiapan pelaksanaan UTBK SNBT 2024, Unhas melakukan kegiatan sosialisasi pengawasan di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Selasa (23/4/2024).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) mengatakan, secara keseluruhan Unhas telah melakukan persiapan secara optimal untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UTBK SNBT 2024.

Prof Ruslin menuturkan, untuk mengawasi peserta UTBK SNBT sebanyak 20.222 orang akan diturunkan pengawas sekira 1000 orang dari dosen maupun tenaga kependidikan (tendik) di lingkup Unhas.

“Dalam rapat sosialisasi pengawasan UTBK SNBT 2024 tahun ini, pihak panitia menjelaskan secara detail tentang peraturan dan tata tertib kepada seluruh tim pengawas dan tim manajemen,” ujarnya.

Pihak panitia UTBK Unhas menyediakan 41 ruang dari 21 lokasi yang digunakan para peserta. Dari 21 lokasi, 6 lokasi diantaranya di Kampus Teknik Unhas Gowa dan 15 lokasi di Kampus Unhas Tamalanrea.

“Diharapkan para pengawas yang bertugas dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan yang ada sekaligus mengantisipasi terjadinya berbagai kecurangan yang dapat terjadi,” jelas Prof Ruslin.

“Dengan demikian, proses UTBK SNBT 2024 di Unhas kami harapkan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” tambahnya.

Sementara itu Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc., menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pelaksana UTBK SNBT Unhas yang telah mengambil bagian dari pelaksanaan nasional ini.

“Untuk pelaksanaan UTBK 2024 ini terdapat sejumlah perubahan kebijakan dari pusat, akan tetapi Unhas mampu memberikan respon cepat,” kata Prof JJ –sapaan rektor Unhas.

Lebih lanjut, Prof JJ menjelaskan pelaksanaan UTBK SNBT merupakan langkah awal untuk penerimaan calon mahasiswa sebagai generasi baru Unhas. Untuk itu, Rektor mengharapkan agar seluruh proses dapat berjalan dengan baik sesuai aturan dan ketentuan.

Tidak hanya itu, Prof JJ menekankan agar seluruh unsur yang terlibat dapat berkomitmen menciptakan proses ujian yang aman dan ketat dalam pengawasannya. Termasuk jika terjadi tindak kecurangan oleh peserta.

“Harus ditekankan bahwa penting untuk menjaga kredibilitas, akuntabilitas dan kualitas hasil seleksi penerimaan maba. Jangan biarkan ada kecurangan, jika ada langsung diskualifikasi. Kita ingin pelaksanaan ujian ini berlangsung dengan baik dan lancar,” papar Prof JJ.

Agenda pelaksanaan UTBK SNBT 2024 Unhas terbagi dalam dua gelombang, yakni pada gelombang 1 akan dimulai pada 30 April, 2 – 7 Mei 2024 dan gelombang 2 pada 14-17 Mei 2024 dengan jumlah 21 sesi dengan total 41 ruang yang tersebar di Kampus Unhas Gowa dan Kampus Unhas Tamalanrea.

Pada kesempatan itu dilanjutkan penjelasan terkait pelaksanaan UTBK SNBT oleh Kepala Subdirektorat Penerimaan Mahasiswa Baru Nurul Ichsani SSos MIKom dan sejumlah pemateri lainnya dari bagian akademik. (*)