Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Sport

Profil Yamal Nasraoui Ebana, Pemain Termuda di Euro 2024

Amir PR16 Jun, 2024
TERMUDA - Lamine Yamal, pemain termuda yang bermain di Euro 2024. (foto: X @FabrizioRomano)

MAKASSAR, UNHAS.TV Perhelatan Euro 2024 punya kejutan dengan munculnya Lamine Yamal, pemain paling muda yang pada saat perhelatan digelar, dia masih berusia 16 tahun.

Kemenangan Spanyol 3-0 atas Kroasia di laga perdana kedua tim telah menunjukkan betapa kuat peran pemain sayap kanan itu di timnya.

Gol ketiga Spanyol yang dicetak oleh Dani Carvajal pada menit 45+2 berkat assist dari tendangan kaki kiri Lamine Yamal di sebelah kiri pertahanan lawan.

Bola meluncur mulus ke depan gawang dan disambar dengan cerdik oleh Carvajal dan membuat kiper Dominik Livakovic hanya terpaku.

Pada pertandingan itu, Lamine Yamal tidak hanya lincah menusuk pertahanan lawan, ia juga punya kepercayaan diri yang mengagumkan. Ia sama sekali tak gentar berhadapan dengan bintang Real Madrid sekelas Luka Modric, pemain yang pernah meraih Ballon d’Or tahun 2018.

Sebagai perbandingan, Lamine Yamal yang bernama lengkap Lamine Yamal Nasraoui Ebana ini terpaut 22 tahun dengan Luka Modric. Lamine Yamal akan berusia 17 tahun pada 13 Juli sebelum laga final digelar.

Selama sejarah Euro, pemain termuda adalah Kacper Kozlowski dari Polandia. Ia berusia 17 tahun 246 hari saat bermain imbang 1-1 di babak penyisihan grup melawan Spanyol di Seville pada Juni 2021. Rekor itu telah terpatahkan oleh Lamine Yamal.

Ivan Carrasco yang melatih Lamine Yamal di tim junior menyebut Yamal sebagai pemain yang punya potensi besar menjadi pemain kelas dunia.

“Saya mengingatnya sebagai seorang anak laki-laki yang sangat menyadari bakatnya. Dalam olahraga, orang-orang berbakat cenderung sangat egois, tapi tidak dengan Yamal,” katanya.

Keyakinan Ivan Caeeasco dikuatkan oleh Jaume Marcet, wartawan olahraga yang rajin memantau perkembangan Lamine Yamal.

“Saya pernah melihat Messi tampil brutal, tapi tidak pernah seperti yang dilakukan Lamine pada pertandingan final kadet Catalunya. Hari itu dia melakukan segalanya.”

Siapa Lamine Yamal? Dia adalah anak dari pasangan ayah asal Maroko dan ibu dari Equatorial Guinea. Mereka tinggal di wilayah Rocafonda 304, satu kawasan paling miskin di seluruh Spanyol.

BACA SELANJUTNYA >>>

1 2