Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Unhas Raih Terbaik 3 Nasional pada Liga IKU Diktiristek

Arif Usman05 Jul, 2024
LIGA IKU. Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa mengumumkan jika Unhas meraih peringkat 3 nasional dalam Liga IKU program Diktiristek. (dok humas unhas)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali meraih prestasi membanggakan di jajaran universitas terbaik di Indonesia.

Prestasi kali ini adalah pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menempati posisi ketiga secara nasional berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) No. 110/E/KPT/2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dikutip dari rilis humas Unhas, IKU Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan performansi PTN yang akan menentukan dukungan sumber daya dan anggaran yang akan difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Diktiristek.

Komponen-komponen dalam IKU merupakan instrumen pengukuran kinerja utama bagi PTN yang adaptif berbasis luaran yang konkret.

Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc menyampaikan rasa senang dan bangga atas capaian yang diraih oleh Unhas. Ia menuturkan, capaian ini merupakan bentuk dari semangat dan kolaborasi seluruh sivitas akademika Unhas.

“Unhas selalu menerapkan prinsip percaya diri dan pantang menyerah. Terima kasih atas komitmen dan kerjasama yang kita bangun selama ini. Masih banyak hal yang perlu kita optimalkan bersama,” kata Prof JJ –sapaan akrabnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Keuangan Prof Subehan SSi MPharm Sc PhD Apt., menjelaskan capaian ini merupakan bentuk kolaborasi dari sivitas akademika Unhas.

Prof Subehan mengatakan, Unhas memiliki banyak program yang dilakukan secara khusus untuk mencapai target IKU, yang sudah menjadi bagian dari rutinitas Unhas yang hanya perlu dimaksimalkan. Ia menambahkan sejumlah langkah strategi terus dilakukan oleh Unhas.

“Kita memperbaiki target yang posisinya masih lemah sembari memperkuat apa yang sudah sesuai. Ini akan terus kita maksimalkan dengan baik, karena secara umum target IKU sejalan dengan WCU,” jelas Prof Subehan.

Secara umum, capaian ini merupakan hasil dukungan dan kerja bersama seluruh sivitas akademika Unhas. Tim Kerja IKU Unhas mengompilasi berbagai aktivitas yang merujuk pada capaian masing-masing IKU untuk dilaporkan ke kementerian melalui Ditjen Diktiristek.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, capaian IKU kali ini naik satu tingkat, dimana tahun 2023 lalu Unhas berada di posisi keempat.(*)