Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Alumni Smansa Makassar akan Bikin Rekor Lagi di Yogyakarta

Amir PR02 Jul, 2024
SMANSA - Rapat Tenas IV IKA Smansa Makassar. (foto: handover)

MAKASSAR, UNHAS.TVTemu Nasional (Tenas) alumni SMA 1 (Smansa) Makassar kembali akan digelar. Kali ini di Jogjakarta dan puncaknya akan dilaksanakan pada 6 September 2025.

Demikian salah satu keputusan dari hasil rapat panitia Tenas IV IKA Smansa Makassar, akhir pekan lalu. Rapat dipimpin oleh ketua panitia, Phala Munafra Hafied, alumnus Smansa Makassar tahun 1988.

“Kami dari panitia memperkirakan Tenas IV akan dihadiri antara 10 ribu hingga 15 ribu alumni dari angkatan 1966 hingga 2024,” kata Rushan Haruna, anggota seksi humas, publikasi, dan dokumentasi, kepada Unhas TV.

Rusham menyebutkan, jika jumlah tersebut dicapai, maka Smansa Makassar kembali akan menciptakan rekor baru lagi di Jogjakarta. Tenas ini akan menjadi reuni besar-besaran yang pernah dibuat oleh satu SMA di Kota Makassar.

Rusham Haruna menambahkan, panitia sedang berupaya menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan transportasi moda kapal laut, maskapai penerbangan, dan kereta api demi memudahkan keberangkatan dan kepulangan peserta Tenas IV IKA Smansa Makassar.

“Seperti yang pernah dilakukan panitia Tenas III di Bali pada Juni 2022 dan Liga Mini Soccer di Malang pada Oktober 2023, panitia akan mengusahakan bisa menyewa kapal laut agar dibuatkan jalur langsung Makassar ke Semarang, tapi pembiayaannya ditanggung tiap angkatan alumni,” katanya.

Temu Nasional (Tenas) IKA Smansa Makassar bertema “Love, Care, and Friendship” ini akan diisi dengan dua kegiatan utama yakni karnaval tiap angkatan di Jalan Malioboro dan gala dinner di Candi Prambanan.

Panitia juga membebaskan tiap angkatan untuk membuat kegiatan masing-masing angkatan di Jogkakarta selama di luar jadwal kegiatan utama.

Temu Nasional IKA Smansa Makassar adalah reuni besar-besaran alumni Smansa Makassar. Kegiatan ini bermula di zaman kepemimpinan Agus Arifin Nu’mang sebagai Ketua IKA Smansa Makassar yang kemudian berlanjut sampai sekarang.

Tenas I diadakan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta pada Mei 2012, lalu ditempat serupa pada Mei 2015.

Tenas III diadakan di Bali, Juni 2022. Pada Tenas inilah, muncul upaya menyewa kapal laut dengan rute khusus agar sesama alumni bisa berinteraksi sebelum sampai di acara puncak.

Prinsip yang selalu dipegang pada Tenas adalah persaudaraan dan keutuhan sehingga siapa saja yang ingin ikut dan terkendala biaya, biasanya akan dibantu oleh teman seangkatan maupun dari angkatan lain. Hal ini pula yang membuat Tenas IKA Smansa Makassar selalu dihadiri ribuan peserta.(*)

Amir Pallawa Rukka (Unhas TV)