Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Era Persaingan Industri, Dirut Semen Tonasa Minta Anak Muda Kuasai Kemampuan Ini?

Arif Usman06 Jun, 2024
KEMAMPUAN. Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin SE MM Ak CA saat menghadiri Workshop Penjaringan Aspirasi Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Unhas Hotel and Convention, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (6/6/2024). (dok unhas tv)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Direktur Utama PT Semen Tonasa Asruddin SE MM Ak CA mengatakan bahwa persaingan industri pada masa kekinian sangat kuat. Untuk itu Asruddin meminta anak muda menguasai dua kemampuan sekaligus.

Asruddin mengatakan bahwa persaingan industri kini sangat kuat. Sehingga anak muda terutama mahasiswa perlu menguasai kemampuan, baik soft skill maupun hard skill.

Hal itu diungkapkan Asruddin saat menghadiri Workshop Penjaringan Aspirasi Masyarakat Menuju Indonesia Emas 2045 Universitas Hasanuddin (Unhas) di Unhas Hotel and Convention, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (6/6/2024).

“Anak muda penting untuk menguasai dua kemampuan baik soft skill maupun hard skill. Setidaknya 30% hard skill dan 70% soft skill,” terangnya kepada peserta workshop.

Soft skill adalah keterampilan yang bisa dipelajari secara formal. Sementara hard skill keahlian utama yang dibutuhkan dalam pekerjaan tertentu.

Di depan podium, Asruddin menekankan tiga soft skill yang harus dikuasai mahasiswa sebelum terjun ke industri kerja.

Ketiganya adalah kemampuan pemecahan masalah (problem solving skill), kemampuan kerjasama tim (collaboration) dan kemampuan etos kerja (professionalism).

“Terutama etos kerja karena platform,mengenai good governance dan risk management industri sekarang sudah semakin kuat,” jelas lulusan Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Unhas ini.

Ia menambahkan, beberapa skill lainnya adalah critical thinking, komunikasi, creative thinking, literasi digital, analyze, kemampuan menulis, hingga kemampuan adaptasi dan pengambilan keputusan.

“Ini semua yang akan membentuk karakter. Sehingga kami harapkan sebagai soft skill, ini bisa dimiliki oleh para lulusan Strata (S)-1”, harapnya kepada mahasiswa

Kepada Unhas.TV saat ditemui di sela workshop, Asruddin pun menyatakan keterbukaannya menerima mahasiswa yang ingin belajar ataupun melakukan penelitian di PT Semen Tonasa yang terletak di desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

“Selama ini memang dalam hal edukasi, (Semen) Tonasa sering kali menerima mahasiswa Unhas yang ingin magang maupun mengambil objek PT Semen Tonasa sebagai objek penelitian,” katanya saat diwawancara Unhas TV di Ballroom Unhas Hotel and Convention.

“Dan ini sudah berlangsung lama dan akan terus terus berlangsung sampai waktu yang tidak ditentukan,” tambah direktur yang ditetapkan pada RUPS-LB di Jakarta, Juli 2023 lalu. (*)

(Zulkarnaen Zumar)