Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Sport

FIFA Jatuhkan Sanksi ke Persija Jakarta dan 4 Klub Bola Indonesia

Amir PR02 Apr, 2024
SANKSI - Penyerang Persija Jakarta Marco Simic. FIFA memberi sanksi ke Persija tidak boleh mendaftarkan pemain baru selama tiga musim pertandingan.(Instagram/@Persija)

MAKASSAR, UNHAS.TVFederasi sepakbola dunia, FIFA, menjatuhkan sanksi kepada klub bola Persija Jakarta dan empat klub bola lainnya. Sanksi itu berupa larangan melakukan transfer pemain (registration ban) selama tiga periode.

Dikutip dari website FIFA, selain Persija Jakarta, empat klub bola lainnya di Indonesia juga mendapat sanksi serupa. Klub bola tersebut yakni Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena.

Registration ban berarti Persija Jakarta dan empat klub bola tersebut tidak boleh mendaftarkan pemain baru di bursa transfer ke PSSI. Ini berarti semua klub yang dimaksud di atas tidak bisa memmainkan pemain baru mereka.

Persija Jakarta dan Persiraja Banda Aceh mulai dijatuhi hukuman sejak 26 Januari 2024. Sedangkan Persikab Kabupaten Bandung dan SADA memulai masa hukumannya pada Februari 2024. Adapun Persiwa Wamena sudah menjalani hukuman sejak 12 Mei 2022 walaupun klub bola tersebut sudah bubar setelah bergabung dengan Bina Putra, Cirebon.

Registration Ban dari FIFA biasanya muncul dari aduan pemain ke federasi tersebut tentang perlakukan yang diterima dari klub yang sedang atau pernah dibela. Penyebab utamanya umumnya soal pembayaran gaji yang tidak dilakukan atau pemutusan kontrak tanpa alasan jelas.

Sanski yang diterima Persija Jakarta kemungkinan buntut dari laporan Marco Simic mengenai gajinya yang belum dibayar manajemen Persija pada musim 2022.(amir pr)