Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

Mahasiswa Unhas Temui Narapidana Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Makassar

Amir PR09 Jul, 2024
LAPAS - Tim Miracle Unhas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar. (foto: handover)

MAKASSAR, UNHAS.TVTim Miracle dari Program Kreativitas Mahasiswa skema Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil menuntaskan program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Makassar.

PKM-PM merupakan program dari Unhas untuk peningkatan kemampuan wirausaha dan peningkatan kondisi psikologis warga binaan lembaga pemasyarakatan. Juga, untuk meningkatkan kemampuan adaptasi untuk mencegah pengulangan tindak kejahatan oleh mantan narapidana. Kegiatan khusus menyasar narapidana remaja pria pada masa asimilasi.

Tim Miracle Unhas terdiri atas Liliana Mu’allim (Prodi Psikologi), Muhammad Zoel Ramadhan (Prodi Sistem Informasi), Muhammad Fauzan Idha (Prodi Kesehatan Masyarakat), dan Nur Alya Firdha (Prodi Ilmu Hukum).

Tim yang diketuai Dwi Ananda Febryan dari Fakultas Peternakan ini didampingi oleh Prof Dr Sri Rachma Aprilita Bugiwati MSc, PhD. Tema yang diusung pada program ini yakni “Three Miracle in Cell Program: Penguatan Psychological Adjustment dan Keterampilan Narapidana Melalui Principle of Andragogy untuk Meningkatkan Resiliensi Pasca Tahanan.”.

Program Miracle berlangsung dari Mei hingga Juni dengan 20 pertemuan dan akan dilanjutkan pada Juli untuk keberlanjutan program. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan mengintervensi kognisi (pikiran), afeksi (perasaan), dan perilaku, yang melatih warga binaan dalam pembuatan produk sebagai bekal wirausaha pascatahanan serta peningkatan psikologi.

Dwi Ananda Febryan menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemendikbudristek, Universitas Hasanuddin, dan Lapas Kelas 1 Makassar.”Kami berharap program ini dapat menjadi pedoman pembinaan Lapas di Indonesia. Masyarakat juga diharapkan lebih terbuka kepada warga binaan dan memberikan kesempatan kedua kepada warga binaan menjadi lebih baik pascatahanan nanti,” kata Dwi Ananda Febryan.

Kepala Lapas Kelas 1 Makassar Teguh Pamuji memuji kegiatan ini dan berharap program ini menjadi jalan baru meningkatkan resiliensi pascatahanan dan memberikan pandangan positif masyarakat terkait warga binaan.(*)

Rahmatia (Unhas TV)