Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Budaya

Menteri Sandiaga Uno Hujan-hujanan di Desa Balleangin Pangkep, Masuk 50 Desa Wisata 2024

Arif Usman30 Jun, 2024
DESA WISATA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Dr Sandiaga Salahuddin Uno menari bersama Bupati Pangkep M Yusran Lalogau sat berkunjung ke Desa Wisata Balleangin, Kecamatan Balocci, Pangkep, Sulawesi Selatan, Minggu (30/6/2024). (dok unhas tv/m fauzan ali)

PANGKEP, UNHAS.TV – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Dr Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, Minggu (30/6/2024).

Kunjungan Sandiaga Uno untuk melihat dari dekat dan memperkenal Desa Balleangin yang masuk dalam 50 Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Kunjungan Sandiaga ke Desa Balleangin ini menjadi kunjungan pertama ke desa wisata dari program ADWI 2024.

Pada tahun 2024 ini, Sulawesi Selatan berhasil meloloskan 3 Desa Wisata dalam 50 ADWI 2024 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain Desa Wisata Balleangin di Kabupaten Pangkep, dua lainnya adalah Desa Wisata Mattabulu di Kabupaten Soppeng dan Desa Wisata Landorundun di Kabupaten Toraja Utara.

Kedatangan Sandiaga disambut dengan Tari Paduppa yang merupakan tari selamat datang dari etnis Bugis-Makassar.

Pada kesempatan kunjungan ini, Sandiaga mengunjungi gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karya masyarakat Desa Balleangin.

Gerai terdiri dari UMKM PKK Balleangin, Pajokka Balocci, dan gerai UMKM lain di Lingkungan Ce’lae.

Setelah meninjau gerai UMKM, Sandiaga bergeser ke Taman Batu Balocci yang merupakan pusat destinasi wisata Desa Ballaengin.

Di tempat ini, juga dilakukan penanaman pohon kayu hitam Sulawesi oleh Menteri Sandiaga.

Tari Marendeng Marampa

>> Baca selanjutnya

1 2