Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Internasional

15 Orang Tewas akibat Tornado dan Badai di AS

Amir PR27 May, 2024
TORNADO - Dampak tornado dan badai di Dentin, Texas, Amerika Serikat. (foto: Denton Fire Department)

MAKASSAR, UNHAS.TVTornado dan badai yang menyerang tiga wilayah di Amerika Serikat mengakibatkan 15 orang tewas dan puluhan rumah warga hancur seketika.

Sebanyak tujuh di antaranya adalah warga utara Texas, lima di Arkansas, dua di Oklahoma, dan satu di Ketucky.

Selain itu, tornado dan badai ini mengakibatkan terputusnya aliran listrik. Laporan pemerintah setempat menyebutkan, sebanyak 500 ribu warga tidak bisa menikmati listrik sebagaimana mestinya.

“Dampaknya luar biasa. Tidak ada yang tersisa kecuali reruntuhan belaka. Di wilayah saya, anak berusia dua dan lima tahun jadi korban. Ada pula tiga orang dari keluarga yang sama tewas akibat tornado,” kata Sheriff Ray Sappington yang bertugas di Cook County.

Kilat, guntur, dan hujan deras di Indianapolis, Amerika Serikat, juga mengakibatkan balapan Sunday’s Indianapolis 500 terpaksa harus dihentikan selama empat jam dan sebanyak 125 ribu penonton diimbau untuk segera mencari tempat yang aman.

Pihak berwenang di Arkansas mengatakan, seorang perempuan berusia 26 tahun ditemukan tewas di luar rumahnya. Sedangkan sejumlah orang terperangkap setelah tornado merubuhkan pohon, rumah, dan tiang listrik.

Walikota Louisville di Kentucky, Craig Greenburg, melaporkan seorang warganya ditemukan tewas setelah terjauh dari pohon akibat badai di wilayah itu.

Amir Pallawa Rukka (Unhas TV)