Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

LPDP dan BRIN Sosialisasi Beasiswa Riset di Unhas

Amir PR21 Jun, 2024
BEASISWA - BRIN dan LPDP sosialisasi Program Manajemen Talenta dan Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional. (foto: Humas Unhas)

MAKASSAR, UNHAS.TV Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyoalisasikan Program Manajemen Talenta dan Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional di Baruga Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (21/6/2024).

Hadir sebagai narasumber Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Edy Giri Rachman Putra PhD, Koordinator Fungsi Peningkatan Kualifikasi Talenta Riset dan Inovasi Febri Susana Rosa SE MM, dan Pelaksana Fungsi Peningkatan Kualifikasi Talenta Riset dan Inovasi Frida Nurmasari.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi Prof DR Farida Patittingi SH MH menyampaikan apresiasi terhadap program inovatif yang dihadirkan oleh BRIN sebagai upaya nyata mendukung peningkatan kapasitas masyarakat termasuk mahasiswa dan dosen.

“Program Manajemen Talenta ini merupakan langkah strategis melahirkan inovator-inovator yang mampu bersaing di tingkat global. Unhas tentu sangat antusias terlibat dalam program peningkatan kapasitas sivitas akademika, kami tentu siap berkolaborasi dalam program ini,” kata Prof Farida.

Prof Farida menjelaskan pencapaian yang telah diraih Unhas termasuk pengembangan riset oleh para peneliti di Unhas.

Farida berharap, para peserta yang berasal dari dosen, alumni maupun mahasiswa bisa terlibat dalam program inovatif dan beasiswa yang dihadirkan oleh BRIN kerjasama LPDP.

Edy Giri Rachman Putra ketika menyampaikan sambutan bertajuk “Kebijakan Penguatan Kapasitas SDM Iptek Nasional Menuju Indonesia Emas 2045”.

Edy Giri mengatakan, Manajemen Talenta Nasional merupakan rangkaian upaya terstruktur dan berkelanjutan dalam menghasilkan talenta melalui pendekatan makro yang berfokus pada sistem ekonomi pendukung di tingkat negara serta pendekatan mikro yang berfokus pada sinergi dan keberlanjutan hingga pada penguatan ketalentaan.

“Bidang fokusnya terdiri dari riset dan inovasi, seni dan budaya hingga olahraga. Untuk memaksimalkan ini, kami bekerja sama dengan LPDP melalui beasiswa program doktor untuk talenta riset nasional dengan cakupan pemanfaatan biodiversitas lanjut, kemaritiman dan laut dalam, nuklir dan teknologi radiasi hingga teknologi satelit dan avionic,” jelas Edy Giri.(*)