Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Terkini

Lukisan Ilustrasi Buku Harry Potter Laku Terjual Rp 31 Miliar

Amir PR27 Jun, 2024
SAMPUL - Ilustrasi untuk sampul pertama novel Harry Potter laku miliaran Rupiah. (foto; Sotheby's)

MAKASSAR, UNHAS.TV – Lukisan ilustrasi cat air dari sampul novel pertama Harry Potter, laku terjual senilai 1,9 juta Dollar AS atau setara dengan Rp 31,18 miliar, pada satu lelang di Amerika Serikat.

Ilustrasi itu dipakai pada edisi pertama novel karangan JK Rowling: Harry Potter and the Philosopher’s Stone.

“Kami tak menyangka ada yang mau membeli seharga itu. Nilai pembeliannya tiga kali lipat dari dugaan semula,” kata Kalika Sands dari rumah lelang Sotheby’s.

Pihak rumah lelang Sotheby’s semula memperkirakan ilustrasi itu akan terjual antara 400 ribu hingga 600 ribu Dollar AS. Harga ini berdasarkan pada harga saat lelang pertama pada 2001 ketika novel tersebut belum seutuhnya diselesaikan.

Pihak Sotheby’s tidak memberikan keterangan tentang siapa pembeli lukisan itu. Hanya disebutkan bahwa ilustrasi itu terjual hanya dalam waktu 10 menit sejak lelang mulai diadakan.

Ilustrasi itu menggambarkan Harry Potter berdiri di depan kereta api Hogwarts Express, kereta api yang membawa Harry Potter ke dunia ajaib.

Pembuatnya bernama Thomas Taylor. Saat itu ia masih berusia 23 tahun pada tahun 1997 ketika dia menggambar ilustrasi itu untuk buku pertama Harry Potter.

Thomas menyebutkan, ia hanya menggunakan pensil dan cat air dan butuh dua hari untuk menyelesaikan ilustrasi itu.

Thomas termasuk prang pertama yang membaca novel karangan JK Rowling itu terjual jutaan eksemplar dan bahkan sudah diadaptasi menjadi film dan taman hiburan di berbagai negara.(*)

Amir Pallawa Rukka (Unhas TV)