Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Mahasiswa Teknik Mesin Unhas Dapat Pengakuan Perusahaan Jepang

Amir PR19 Dec, 2023
Mahasiswa Teknik Mesin Unhas magang di Jepang

UNHAS TV, Makassar – Tiga mahasiswa Teknik Mesin Universitas Hasanuddin (Unhas) catat prestasi mengagumkan dari perusahaan Jepang: Toyoseat Japan.

Mereka adalah Muhammad Syakir, Al-Ikhsan Nur, dan Muhammad Fadhil. Ketiganya mendapat pengakuan atas prestasi dan pengabdiannya selama magang setahun di Jepang.

Selama magang, mereka juga berhasil menemukan metode pencegahan cacat produksi di perusahaan tempat mereka magang.

Pengelola program magang di Jepang, Prof Ilyas Renreng, mengatakan, tiga mahasiswa itu merupakan hasil kerja sama antara Departemen Teknik Mesin Unhas dan Japan World Bussines (JWB). Melalui kerja sama itu, mahasiswa teknik mesin tingkat akhir diberi kesempatan magang di perusahaan Jepang selama setahun.

“Kebetulan tahun ini, penempatannya di ToyoSeat dan Y-Tech. Keduanya perusahaan yang bergerak pada industri otomotif,” kata Kepala Departemen Teknik Mesin Unhas Prof Dr. Eng. Ir. Jalaluddin, ST, MT, kepada Unhas TV, Selasa (19/12/2023).

Prof Jalaluddin menjelaskan, mahasiswa Teknik Mesin Unhas yang magang di Jepang sekarang sudah berjumlah 55 orang dalam enam angkatan. Dua angkatan sudah selesai melaksanakan pemagangan dan kembali ke kampus menyelesaikan tugas akhir
.

Prof Jalaluddin mengaku sangat bangga dengan pencapaian mahasiswa Unhas yang magang di perusahaan Jepang.

“Perusahan tempat mereka magang adalah perusahaan internasional dengan pabrik tersebar di Amerika, Eropa dan lainnya. Semoga setelah lulus dapat bekerja di perusahan-perusahaan tersebut dan meningkatkan reputasi internasional Teknik Mesin Unhas,” harapnya.(apr)