Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Saintek

Mahasiswa Unhas Ciptakan Deterjen dari Daun Waru, Lebih Ramah Lingkungan

Amir PR09 Jul, 2024
DETRAL - Lima mahasiiswa Unhas yang menghasilkan deterjen DETRAL yang ramah lingkungan. (foto: handover)

MAKASSAR, UNHAS.TV Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kwirausahawan Universitas Hasanuddin (Unhas)menciptakan deterjen pencuci pakaian ramah lingkungan dengan nama jenama DETRAL.

Para penciptanya terdiri atas lima mahasiswa yakni Neysa Karenhapukh Sambo (ketua tim) Syafitri Dwi Ramadani, Andi Muhammad Aditya Anugra, Nabil Tamam, dan Fayyadh Ahmad Ubeid. Mereka dibimbing oleh dosen pendamping DR Nur Umriani Permatasari MSi.

Tim DETRAL menghasilkan deterjen dengan memanfaatkan ekstrak saponin daun waru menggunakan teknologi enzimatis dan bahan MES. Kandungan saponin daun waru yang tinggi yaitu sebesar 12,9 gram, merupakan senyawa penghasil busa alami yang dapat digunakan dalam industri deterjen.

Produk DETRAL tidak mengandung bahan kimia sintentis yang berbahaya bagi lingkungan sehingga aman digunakan. Detral hadir dengan fungsi 3 in 1 yaitu bacteriostatic, deep cleaning, dan deodorization.

Produk DETRAL tersedia dalam dua kemasan yakni deterjen kapsul yang langsung larut dalam air dengan harga Rp 30 ribu untuk 15 kapsul dan deterjen cair yang dikemas menggunakan jeriken 1 liter dengan harga Rp 19.999 dengan varian aroma lavender, lemon, dan mawar.

DETRAL dikembangkan berdasarkan masalah limbah deterjen yang mengandung Sodium Linear Sulfonat dan Linear Alkil Sulfonat yang sukar diurai oleh mikroorganisme (nonbiodegradable).

BACA SELANJUTNYA >>>

1 2