Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Makassar Kota Paling Bahagia di Dunia, Satu-satunya dari Indonesia

Amir PR20 Jun, 2024
BAHAGIA - Makassar masuk dalam daftar Happy City Idex 2024. (foto: makassarkota.go.id)

MAKASSAR, UNHAS.TV Institute of Quality of Life, proyek yang dikerjakan oleh Happy City Hub Limited, mengeluarkan daftar ratusan kota paling bahagia di dunia selama tahun 2024.

Makassar termasuk di dalam daftar Happy City Index 2024 dan menjadi satu-satunya kota dari Indonesia. Makassar berada dallam daftar kategori BRONZE (perunggu.

Pada kategori Golden “Happiest” Cities, terdapat 37 kota di dalam kategori itu. Peringkat pertama ditempati oleh Aarhus (Denmark) dengan skor akhir 1.749,2. Disusul oleh kota Zurich (Swis), dan Berlin (Jerman), Gothenburg (Swedia), dan Amsterdam (Belanda).

Pada kategori Silver “Happiest” Cities, terdapat 64 kota di dalam kategori itu. Peringkat pertama ditempati oleh Boston (Amerika Serikat), Odense (Denmark), Oslo (Norwegia), Melbourne (Australia), Monako (Monako).

Lalu pada kategori Bronze “Happiest” Cities, terdapat 250 kota di dalam kategori itu. Peringkat pertama ditempati oleh Linz (Austria), Asan (Korea Selatan), Dusseldorf (Jerman), Uppsala (Swedia), dan Maastricht (Belanda).

Makassar berada di peringkat 234 dalam Bronze “Happiest” Cities. Makassar diapit oleh Aosta (Italia) dan Wiroclaw (Polandia).

Institute of Quality of Life menegaskan, tujuan pembuatan daftar itu untuk meningkatkan mutu kehidupan dengan menyediakan penelitian tentang tanggapan manusia dengan lingkungan di sekitarnya.

Lembaga yang berada di Kota London, Inggris, ini menghimpun data 1.000 kota di Indonesia dengan menggunakan sumber data yang terpecaya lalu menganalisa data itu berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Ada empat pokok penilaian dalam daftar tersebut yakni soal kependudukan, pemerintahan, ekonomi, lingkungan, dan mobilitas. Dari empat pokok penilaian itu, lalu dijumlahkan. Mereka yang berada di posisi teratas adalah mereka yang memiliki angka terbesar.

Amir Pallawa Rukka (Unhas TV)