Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
News

Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Terima Penghargaan AMB 2024 Kategori Transformasi Pembelajaran

Arif Usman06 Jul, 2024
TERIMA PENGHARGAAN. Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH menerima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar (AMB) 2024 kategori Tranformasi Pembelajaran di di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam. (dok kemendibudristek)

JAKARTA, UNHAS.TV – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima Anugerah Merdeka Belajar (AMB) tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kategori “Transformasi Pembelajaran”

Anugerah Merdeka Belajar (AMB) diterima oleh Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH.

Event acara Malam Puncak Anugerah Merdeka Belajar, yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam.

Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada para Kepala Daerah yang memperoleh Anugerah Merdeka Belajar 2024.

“Selamat kepada para Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan. Anugerah Merdeka Belajar, ini adalah apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah mewujudkan transformasi Sistem Merdeka Belajar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nadiem menyampaikan bahwa karakteristik sekolah yang menerapkan kurikulum Merdeka Belajar yakni pembelajaran berpusat pada peserta didik.

Sekolah diharapkan memiliki iklim inklusif, aman, dan kebhinekaan, guru gemar belajar dan berkolaborasi, serta kepala sekolah mengedepankan perkembangan satuan pendidikan yang berkelanjutan.

“Semoga Anugerah malam ini dapat dijadikan sebagai pengingat bahwa transformasi pendidikan Indonesia baru dimulai,” harap Nadiem.

Penerima Anugerah untuk kategori Transformasi Pembelajaran ini hanya tiga provinsi. Selain Pemprov Sulsel, dua lainnya adalah Pemprov Riau dan Kepulauan Riau.

Terdapat tujuh Indikator Utama yang menjadi dasar penilaian Kemendikbudristek dalam menentukan pemenang. Ketujuh indikator tersebut adalah Pemanfaatan Google Workspace for Education dalam penyelenggaraan pembelajaran.

Kedua Pemanfaatan Chromebook untuk pembelajaran. Ketiga Implementasi Pembelajaran berdiferensiasi. Keempat Jumlah satuan pendidikan penyelenggara IKM yang memiliki Kombel aktif.

Indikator kelima Peningkatan kualitas pemanfaatan PMM pada satuan pendidikan penyelenggara IKM. Keenam keberadaan regulasi penunjang implementasi Transisi PAUD ke SD kelas awal. Ketujuh Persentase Satuan PAUD dan SD yang telah mengimplementasi 3 target perubahan Transisi PAUD ke SD kelas awal.

AMB Menjadi Motivasi

>> Baca selanjutnya

1 2