Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Pendidikan

Warga Pulau Satando Butuh Info Beasiswa Kampus

Uswatun Hasanah08 Mar, 2024

MAKASSAR, UNHAS.TVDi balik keindahan alam Sulawesi Selatan yang memukau, terdapat realitas tersembunyi di Pulau Satandoyang berada di gugusan Kepulauan Spermonde.

Pulu Satando secara administratif berada di Desa Mattiro Baji, Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Satando merupakan satu dari tiga pulau yang berpenghuni di desa itu.

Pulau seluas 55 kilometer persegi ini dihuni sekitar 578 orang atau 149 kepala keluaga berdasarkan data desa tahun 2018. Penduduk pulau ini umumnya merupakan penduduk asli, sebagian merupakan pendatang.

Pulau kecil ini jauh dari fasilitas memadai, utamanya di bidang pendidikan. Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) masih berada di gedung yang sama. Sementara itu listrik yang tersedia pun masih berupa mesin generating set (genset) yang hanya dihidupkan pada malam hari saja.

Mengingat peran pendidikan menjadi sangat penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang mumpuni, sehingga diperlukan perhatian lebih untuk menangani situasi tersebut.

BACA SELANJUTNYA

1 2