Watch Unhas TV Live
Watch Unhas TV Live
Kuliner

YOTTA, Brand Lokal yang Menasional! Begini Kisah di Balik Kesuksesannya

Arif Usman07 May, 2024
Regional Manager YOTTA, Muzawwir Noer Hateng (dok unhas.tv/ansar)

UNHAS.TV – Yotta merupakan salah satu brand lokal asal Makassar. Kini, merek minuman dengan konsep kekinian ini menjadi salah satu yang paling diminati bagi masyarakat, terkhusus anak muda.

Namun, tahukah kalian bagaimana perjalanan Yotta hingga bisa dikenal banyak orang?

Regional Manager Yotta, Muzawwir Noer Hateng menceritakan awal mula Yotta. Ia mengatakan bahwa hadirnya minuman lokal ini berawal dari ide bisnis mahasiswa.

“Kita berawal dari ide bisnis mahasiswa. Kebetulan ownernya ini alumni mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM),” katanya saat menjadi narasumber dalam program Unhas Preneurs di UnhasTV, Kamis (2/5/2024).

Yotta sendiri berdiri sejak tahun 2015. Dan sekarang telah memiliki 52 outlet di Sulawesi. Sebagian tersebar di Makassar, Manado, Kendari, Palu, Polewali Mandar, dan Majene.

Muzawwir mengisahkan, awal pendirian Yotta saat owner Adrian berinisiatif menghadirkan minuman kekinian di kalangan mahasiswa yang pada tahun 2015 masih sangat kurang.

“Di saat itu, Kak Adrian mencari ide, apa saja yang bisa disediakan untuk para mahasiswa, khususnya minuman kekinian dengan harga terjangkau,” Kata Muzawwir.

Lalu mulailah Yotta diproduksi Adrian dan lokasi pertama diperjualbelikan adalah di Kantin Fakultas Psikologi UNM.

Tak dinyana dan tak diduga, minuman Yotta menarik perhatian mahasiswa di kantin tersebut. Sering kali sold out. Kemudian, Adrian juga sering mengikuti event untuk memperkenalkan merek Yotta lebih luas.

“Akhirnya usaha kera tidak mengkhianati hasil. Yotta mengalami kemajuan pesat,” lanjut Muzawwir.

Pada tahun 2018 mulai mendirikan gerai pertama dengan menyewa sebuah tempat di daerah Antang, Makassar. Berlanjut hingga kemudian kembali mendirikan gerai keduanya di wilayah Jl AP Pettarani.

“Puncak-puncaknya Yotta dikenal secara luas itu pada tahun 2019,” ungkap Muzawwir.

Dapat Dukungan Investor

>> baca selanjutnya

1 2